Jenis-Jenis Keju Yang Terkenal Di Pasar Indonesia

Keju adalah hasil olahan dari susu atau sering di sebut dairy product, dan merupakan produk asli turunan susu, bisa berupa susu sapi, susu kambing dan lain-lain.
Keju itu banyak sekali jenis nya, karena beda bakteri fermentasi nya, maka berbeda juga nama keju nya, serta beda bahan baku susu nya, beda juga namanya. 
Keju itu bisa di golongkan 3 kategori di lihat dari tekstur nya :
1. keju lembut
2. Keju semi lembut.
3. Keju keras.

Di bawah ini 3 jenis keju yang sangat sering kita temui di pasar indonesia, dan mungkin 3 jenis keju ini yang familier dengan lidah kita


1. Keju Cheddar

Keju cheddar merupakan jenis keju yang umum dikenal. Namanya diambil dari daerah tempat jenis keju ini dibuat, yaitu desa Cheddar di Somerset, Inggris. Keju ini sangat popular di dunia, di Indonesia pun keju ini paling sering digunakan untuk membuat kue, roti dan juga untuk pelengkap sarapan.

keju cheddar
keju cheddar

2. keju mozarella

Keju ini pasti juga sering dijumpai dan sering digunakan untuk memasak. Keju ini berasal dari negara Italia. Dinamai Mozzarella karena proses pembuatannya keju ini diputar-putar dan dipotong (mozzare). Teksturnya lembut dan mudah dibentuk, tapi ada juga yang agak padat dan biasanya berwarna putih atau kekuningan. keju ini biasa digunakan sebagai toping untuk membuat pizza, pasta panggang, macaroni schotel, dan macam-macam makanan panggang lainnya karena keju ini akan meleleh dan menciptakan rasa yang nikmat.
Bisa lihat juga beberapa resep nya di >>> SINI

soft chesse
keju mozarella

3. keju permesan
Keju Parmesan berasal dari kota Parma, Italia. Keju ini dijual dalam beberapa bentuk, biasanya dalam bentuk padat dan ada yang sudah duparut seperti bubuk. Texturnya padat dan agak keras karenan proses pemeramannya cukup lama, bisa bertahun-tahun dan yang pasti aromanya sangat tajam. Biasanya keju ini digunakan untuk taburan dalam pasta, pizza, spageti, macaroni dan juga dicampurkan dengan keju mozzarella yang aromanya kurang kuat.
Selain beberapa keju di atas, tentu masih banyak lagi jenis keju yg ada di pasaran, tapi 3jenis keju di atas yang umum kita temui di supermarket.....

permesan chesse
keju permesan


Ingin mencoba jenis mozarella produksi lokal dengan kualitas import
klik poto di bawah ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar